Sabtu, 29 April 2017

Obwis Jojogan, Bentuk Dukungan Masyarakat kepada Pemerintah


Selain wisata laut, Kabupaten Pangandaran memiliki banyak potensi wisata diantaranya wisata sungai, wisata bukit/pegunungan, wisata budaya serta wisata kuliner. Visi Pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk menjadikan Kab. Pangandaran sebagai tujuan wisata berkelas dunia didukung oleh masyarakat, dibuktikan dengan menggali potensi wisata diantaranya "Wisata Alam Jojogan / Wonder Hill Jojogan".

Wonder Hill Jojogan merupakan satu dari sekian banyak potensi wisata di Kabupten Pangandaran yang keberadaanya langsung memikat banyak wisata baik domestik ataupun manca negara. Promosi terus dilakukan melalui media social, media massa, dan juga event-event.

Festival budaya "Singkur Jojogan" merupakan upaya pemerintah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Pangandaran bekerja sama dengan para seniman, serta masyarakat desa setempat untuk mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Pangandaran.

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata didampingi Ketua TP PKK Kab. Pangandaran Ida Nurlaela Jeje Wiradinata hadir pada acara festival tersebut, yang dilaksanakan di objek wisata jojogan. Sabtu (29/04/2017).

Dalam sambutannya Bupati Pangandaran mengatakan, sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan ini, terlebih obwis jojogan ini merupakan inovasi masyarakat setempat.

"Kunjungan wisatawan ke obwis Jojogan ini sangat luar biasa, tentu hal ini merupakan hal yang postif bagi pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Pangandaran", ujar Jeje

"Jujur Pemerintah saat ini belum fokus pada pengembangan pariwisata dan pengelolaan wisata baru, dikarenakan pemerintah saat ini masih fokus pada infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan penataan kawasan wisata", ungkap Jeje

Jeje menambahkan, "Fokus penataan kawasan wisata saat ini adalah obwis pantai pangandaran. Relokasi pedagang kaki lima serta penertiban bangunan liar tak berizin yang termasuk pada wilayah RTRW Pengembangan Wisata merupakan beberapa upaya pemerintah dalam rangka menata kawasan pariwisata".

"Pemerintah belum berani promosi, dikarenakan infrastruktur kita masih belum layak. Ketika relokasi pkl, serta infrastruktur sudah baik baru kita akan melaksanakan promosi", jelas Jeje

Diakhir sambutannya, Jeje berharap sesuai visi Kab. Pangandaran menjadi tujuan wisata berkelas dunia, maka kita harus membuat wisatawan merasa aman dan nyaman berwisata di Kabupaten Pangandaran. (hms/wsa)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar